(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Berikut ini cara membuat gulali tepung yang legit dan lumer saat dimulut bisa Anda lakukan dirumah. Gulali tepung ini biasa disebut dengan gulali tarik. Karena olahan gulali tepung ini dengan cara di tarik-tarik.

Gulali ini juga mempunyai beberapa sebutan seperti gulali sutra, gulali rambut nenek, dan lain sebagainya. Tetapi, cara membentuknya berbeda.

Permen gulali merupakan salah satu makanan tradisional yang populer pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lolipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak lebih suka membeli gulali yang dijual oleh pendagang keliling.

Apa Itu Gulali Tepung?

Apa Itu Gulali Tepung?

Gulali merupakan makanan yang cukup populer pada masanya. Salah satu gulali yang terbuat dri tepung ini merupakan gulali yang diolah dengan cara menambahkan tepung kemudian ditarik-tarik.

Gulali sendiri mempunyai banyak jenis. Jenis permen yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa. Gulali ini mempunyai warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan batang kayu kecil. Permen dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan potongan kecil kacang tanah. 

Jenis yang kedua yaitu gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali ini lebih berwarna karena para penjual gulali ini biasanya mencampurkan adukkan pewarna makanan untuk membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang atau bunga sehingga para anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang juga bisa ditiup untuk menghasilkan siulan layaknya peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat menggunakan campuran tepung. Para penjual gulali ini biasanya menarik-narik adonan gulali sampai sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mie atau benang sutra. Cara membuat gulali tepung juga mudah, hanya butuh ketelatenan saja.

Kebanyakan orang menamakan gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali di atas sudah sulit untuk ditemukan. Namun, jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah  dan cara membuat gulali tepung yang mudah.

Berikut Ini Manfaat Tepung Yang Perlu Anda Ketahui

Tepung adalah hasil olahan dari berbagai sumber bahan hasil alam, tepung juga memiliki peranan penting dalam industri rumah tangga maupun industri sekala besar.

Salah satunya adalah manfaat tepung terigu untuk pembuatan roti, dan campuran cara membuat gulali tepung yang terbuat dari bahan gandum dan mempunyai kaya akan gizi atau protein.

Oleh karena itu, tepung terigu sebagai bahan dasar atau bahan pokok untuk pembuatan roti yang bisa diproses dengan pemanggang roti, karena manfaat tepung terigu yang sangat besar dan bisa di katakan sebagai pengganti nasi.

Di indonesia sudah  banyak pabrik pabrik besar yang memproduksi tepung terigu, di antaranya yaitu tepung terigu merk rose brand, segitiga biru dan juga masih banyak lagi.

  •  Roti Bantal

Manfaat tepung terigu untuk bahan campuran roti ini, mungkin Anda  sudah tidak asing dengan roti bantal camilan yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana untuk bekal ketika bepergian atau sebagai pengganti nasi saat sarapan pagi.

Selain tepung terigu yang dibuat untuk campuran, mungkin juga memakai tepung lain untuk pembuatan roti tersebut misal tepung ketan, tepung kanji atau tepung lainnya. Namun, kebanyakan pengusaha roti lebih banyak memakai tepung terigu sebagai campuran utama.

Dengan harganya yang sangat murah dan tepung terigu juga mudah di dapat, manfaat tepung terigu untuk roti sangat penting dan bisa menekan biaya produksi roti tersebut.

  • Gulali Tepung Atau Gulali Rambut Nenek

Rambut nenek merupakan makanan tradisioanal yang sudah ada pada zaman dulu, makanan ini sering disebut dengan rambut nenek karena textur atau bentuk yang dihasilkan menyerupai helaian rambut acak-acakan seperti nenek-nenek. Oleh karena itu masyarakat menyebutnya dengan rambut nenek.

Gulali tepung merupakan jajanan yang langka dan populer di era 70-90an, asal-usul makanan gulali tepung atau rambut nenek ini berasal dari kota lamongan.

Dulu penjual gulali tepung adalah kakek-kakek . Kemudian meraka berkeliling  dari kampung ke kampung untuk menjajakan makanan gulali tepung dan sampai akhirnya tersebar ke beberapa kota.

Biasanya para penjual gulali ini melakukan cara membuat gulali  tepung di rumah, kemudian dijual keliling dengan pikulan. Dan dibentuk dengan berbagai macam bisa sepeti rambut nenek atau binatang.

Cara membuat gulali tepung atau rambut nenek ini juga mudah, Anda juga bisa melakukannya dirumah dengan resep yang saya berikan ini.

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Tepung

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Tepung

Bahan-Bahan :

  • Gula Pasir 500 gram
  • Air 125 ml atau secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai selera yang Anda inginkan
  • Minyak goreng
  • Tepung terigu

Cara Membuat Gulali Tepung :

  1. Langkah pertama yang Anda lakukan saat cara membuat gulali tepung adalah tuang minyak goreng kedalam wajan, kemudian dipanaskan diatas kompor dengan volume api sedang.
  2. Masukkan tepung terigunya kemudian aduk-aduk sampai mengeluarkan bau harum dan menampilkan warna sedikit kecoklatan.
  3. Selanjutnya tuangkan tepung terigu yang sudah disangrai tadi ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan sampai panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin Anda bisa membuat adonan gulalinya.
  4. Adonan cara membuat gulali tepung ini yaitu campurkan gula pasir, air, dan pewarna makanan kedalam satu wajan.
  5. Panaskan dengan volume api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat wajan tersebut kemudia diamkan sebentar hingga adonan mulai mengental.
  6. Setelah itu tuangkan adonan gulali tersebut ke atas tepung terigu. Kemudian silakan tarik-tarik adonan tersebut sampai terbentuk seperti rambut nenek.
  7. Gulali tepung atau rambut nenek sudah siap untuk disajikan.
  8. Pada awalnya mungkin akan terasa tidak mudah, namun jika sering melatihnya maka Anda akan bisa membentuknya dalam waktu yang singkat.

Selain cara membuat gulali tepung atau rambut nenek ini, Anda juga bisa membuat beraneka macam cara membuat permen sendiri tanpa ribet.

Memilih Tepung Yang Berkualitas Untuk Campuran Gulali Tepung

Memilih Tepung Yang Berkualitas Untuk Campuran Gulali Tepung

Jangan khawatir, cara memilih tepung yang berkualitas untuk campuran gulali tepung sangat mudah. Ikuti tips berikut :

  1. Cara membuat gulali tepung harus memilih tepung yang baik, Anda kenali tepung yang akan digunakan misalnya Anda akan menggunakan tepung beras atau tepung beras ketan maka Anda harus tahu jenis tepung beras sebelum menggunakanya. Karena setiap jenis tepung memiliki ciri-ciri yang berbeda  meskipun sepintas terlihat sama.
  2. Dengan cara membuat gulali tepung, pastikan bahwa jenis tepung yang digunakan telah sesuai dengan kebutuhan yang akan Anda buat, Jangan sampai Anda memasukan tepung yang salah saat cara membuat gulali tepung.
  3. Setelah mengetahui tepung yang akan Anda gunakan, perhatikan warnanya. Tepung yang baik biasanya berwarna putih kekuningan atau putih, tidak menggumpal, dan tidak berkutu, serta tidak berbau apek.
  4. Perhatikan kemasannya, pastikan masih tersegel rapat, dan jika ada sedikit lubang, pastikan lubang tersebut memang merupakan lubang udara yang sengaja dibuat oleh pabriknya.
  5. Setelah kemasan dibuka dan tepung akan digunakan untuk cara membuat gulali tepung, sebaiknya diayak  terlebih dahulu agar tidak ada kutu atau serangga maupun kotoran lain yang tercampur di tepung. Produk yang baik serta berkualitas akan menjamin bahan-bahannya bebas dari hal-hal di atas.

Selain itu, gulali ini bisa menjadi bisnis dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Salah satunya adalah dengan mencoba membuka usaha kios yang menjual aneka gulali.

Anda juga harus mencari jasa pasang ac yang akan dipasang di kios anda. Karena selain membuat pengunjung merasa nyaman, dengan usaha gulali ini akan menarik pelanggan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Mudah kan caranya? Jangan lupakan poin nomor dua di mana Anda harus memastikan tepung yang akan Anda gunakan itu sesuai dengan resep atau makanan yang ingin Anda buat karena ada banyak sekali jenis tepung, mulai dari tepung terigu, tepung kanji, tepung maizena, tepung tapioka, hingga tepung beras dan tepung beras ketan.