0822-2330-3737

Berikut ini cara membuat gulali karamel dengan gula jawa tanpa ribet. Gulali karamel ini biasanya dicampur dengan potongan kacang tanah.

Macam-macam permen gulali ini lumayan banyak, diantaranya arum manis rambut nenek, gulali sutra, gulali gula pasir atau permen kapas, gulali tarik, gulali bola kusut, gulali jenggot naga, gulali tepung, dan jajanan lainnya

Gulali karamel adalah salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang sangat terkenal pada masanya. Ketika dulu belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti zaman sekarang ini, para anak kecil lebih menyukai membeli gulali yang dijajakan oleh para pedagang keliling.

Makanan ini memiliki warna coklat kehitaman dan ditusuk dengan potongan batang kayu dan sedikit keras. Namun pada zaman modern seperti sekarang sudah sulit menemukan para pedangang keliling permen gulali ini, mungkin sudah terkikis dengan persaingan oleh permen model lainnya, terutama pedagang gulali gula pasir yang berwarna-warni dan bisa dibentuk macam-macam binatang. 

Kalau permen gulali lainnya banyak tersedia di toko makanan zaman dulu yang menjual makanan jadul, kita diajak untuk bernostalgia menikmati sajian makanan jadul atau makanan dulu sewaktu kita masih kecil di masa lalu.

Cara Membuat Gulali Karamel dan Apa Itu Gulali Karamel?

Gulali karamel merupakan cemilan berbasis gula yang tak lekang oleh waktu dan tidak pernah kehilangan penggemar. Gulali jenis ini menggunakan bahan dasar gula merah atau gula jawa. Cara membuat gulali karamel tersebut diolah dengan tahapan yang berbeda dan akhirnya berbentuk yang berbeda pula.

Gulali macam ini biasa disebut dengan gulali karamel, karena terbuat dari gula merah atau gula jawa yang di lelehkan dalam wajan besar dan bentuknya seperti karamel.

Merupakan makanan gula karena hampir semua menggunakan bahan gula. Gulali karamel lebih mirip  dengan permen lolipop, meski tentu dengan rasa yang berbeda.

Cara membuat gulali karamel juga menggunakan gula merah yang 100% asli yang kemudian dilelehkan dalam wajan yang besar dan dijual menggunakan wajan kecil, dibawa berkeliling dengan pikulan.

Penjual gulali karamel ini bisa membuat gulali menjadi bentuk apapun, seperti pesawat terbang, bebek, bunga, dan bentuk lainnya. Sehingga anak-anak semakin menyukainya.

Selain itu, cara membuat gulali  karamel bisa menggunakan pewarna makanan atau pewarna karamel yang menarik, tidak sekedar berwarna cokelat. Gulali  karamel  menjadi  seperti lolipop dengan aneka warna cerah seperti hijau dan merah. Dan bentukan yang unik agar anak kecil tertarik dengan makanan ini.

Berbeda dengan gulali lainnya yang lembut dan halus. Kita juga dapat merasakan sensasi rasa gula merah yang berpaduan dengan potongan kacang tanah atau tumbukan yang masih kasar pada saat menikmatinya.

Cara Membuat Gulali Karamel

Bahan-Bahan :

  • 500 gram gula jawa atau gula merah yang sudah dihaluskan
  • 125 ml air atau secukupnya
  • Kacang tanah yang sudah diremukan menjadi potongan kecil
  • Potongan batang kayu

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Karamel

  1. Masukkan gula merah dan air kedalam wajan, kemudian aduk-aduk sampai tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan volume api sedang.
  2. Aduk terus menerus hingga adonan tersebut mendidih. Selanjutnya masukkan kacang tanah yang sudah di potong kecil lalu diaduk-aduk sampai tercampur rata. Mengaduknya dengan tenaga exstra ya.
  3. Jika airnya sudah sedikit berkurang, angkat wajan lalu diamkan hingga adonan terlihat mulai mengental.
  4. Kalau sudah mengental, celupkan potongan batang kayu dan ambil gulalinya.
  5. Ketika Anda ingin menyimpan dalam jangka lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah di tusuk tersebut dengan plastik kemudian masukkan dalam toples. 

Cara Membuat Gulali Karamel dan Tips Memilih Gula Merah Atau Gula Jawa Yang Baik

tips memilih gula merah atau gula jawa yang baik

Gula jawa  terbuat dari nira pohon kelapa. Gula jawa inilah yang biasa dikenal sebagai gula merah. Biasanya, gula jawa digunakan untuk membuat kecap, dodol, kinca atau gulali ini. Warna dari gula jawa ini terlalu pekat jika dibandingkan dengan gula aren. Dan gula jawa ini harus disaring terlebih dahulu sebelum digunakan, karena biasanya gula jawa sedikit kotor.

1. Perhatikan bentuk gula merah, gula merah yang asli atau alami terlihat dari bentuk permukaannya yang rata, tidak berpasir, padat dan tidak memiliki rongga.

2. Jika dibandingkan, gula merah yang alami biasanya lebih keras jika dibandingkan dengan gula rekondisi.

3. Warna yang dipancarkan oleh gula merah yang asli atau alami adalah warna coklat cerah, sedangkan gula merah yang hasil rekondisi mempunyai warna yang cenderung menghitam.

4. Pilihlah gula merah yang masih utuh, karena apabila Anda memilih yang sudah terbelah biasanya gula tersebut sudah pernah digunakan.

5. Jika ingin gula yang rasanya lebih manis, pilihlah warna coklat yang lebih tua. Warna tua di gula merah bukan berarti gula dengan warna yang cenderung menghitam. Tetapi gula yang warnanya lebih cerah lebih bagus untuk ditambahkan ke makanan.

Selain tips memilih gula merah atau gula jawa di atas, Anda bisa ungkap rahasia cara membuat gula jawa  yang sederhana. Di situ Anda akan mengetahui cara membuat gula jawa yang murni dan sempurna.

Cara Membuat Gulali Karamel dan Tips Memilih Kacang Tanah Untuk Campuran Gulali Karamel

tips memilih kacang tanah untuk campuran gulali karamel

Kacang jika dibeli dalam kulitnya akan lebih lambat proses penuaannya. Inilah cara yang paling bagus 
untuk membeli kacang.

1. Biasakan melihat label kadaluarsa di paket sebagai pedoman, dan jika bisa belilah kacang dari petani atau pemasoknya / Tingkat penjualan belinya tinggi sehingga kemungkinan besar pergantian stok barang  dengan barang baru cepat lalu lintasnya dan terjamin kwalitasnya.
2. Hindari dalam membeli kacang di lemari-lemari atau wadah-wadah yang tidak tertutup karena udara akan mempercepat layunya kacang. Jika membeli kacang dengan kulitnya, perhatikan keutuhan kulit. Jika kulit sudah retak atau pecah, sudah pasti akan mempercepat layunya kacang.
3. Belilah kacang dengan kulit yang masih halus dan utuh. Jika ingin membeli kacang yang sudah dikelupas, belilah dalam porsi kecil dan disimpan dalam wadah kedap udara, simpan ditempat yang sejuk dan kering.
4. Jaga kelembaban udara karena udara yang lembab akan mempercepat pembusukan dan menimbulkan jamur pada kacang. Belilah pada saat dibutuhkan.

Peluang Berbisnis Gulali Karamel

Dilihat dari segi bisnis dan ekonomi indonesia, tentunya bisnis gulali ini akan menjadi peluang usaha  bagi Anda yang sangat menjanjikan untuk  jalankan dimanapun Anda berada, karena bisnis gulali tidak akan pernah ada matinya. Anda hanya mengeluarkan modal lumayan sedikit, karena bahan utama dari gulali karamel itu ialah gula jawa atau gula merah. 

Anda juga tidak sulit untuk mendapatkan gula jawa tersebut. Sekarang sudah ada banyak toko-toko yang menjual gula jawa atau gula merah. Cara membuat gulali karamel ini juga mudah, hanya saja butuh kesabaran dan jeli dalam langkah membuatnya. Jika kamu ingin menciptakan rasa unik antara manis dan gurih, kamu bisa mencoba untuk mencampur karamel dengan daging sapi yang akan menghasilkan bakso karamel yang bisa kamu buat menggunakan mesin bakso.

Anda juga mendistribusikan ke tempat-tempat lain seperti warung ,toko, dan tempat yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menjual di tempat yang ramain dikunjungi banyak orang termasuk anak kecil, karena anak kecil mudah tertarik oleh makanan yang unik dan warna yang mencolok.

Tips Bisnis Gulali Karamel :

Konsumen membeli produk gulali karamel karena pengaruh selera atau mood. Hari ini mereka membeli gulali karamel, bisa jadi besok atau hari-hari berikutnya, mereka tidak akan membeli.

Jadi  mustahil mengandalkan konsumen yang sama untuk membeli setiap harinya. Oleh karena itu, jangan terpukau pada satu titik atau lokasi saja karena di tempat-tempat lain masih banyak potensi konsumen.

Buatlah desain produk gulali karamel Anda semenarik mungkin dengan permainan warna dan cita rasa  dan bentuknya yang sulit dilupakan, sehingga akan lebih mudah mendapatkan pelanggan. Mereka akan kembali untuk membeli produk gulali tersebut.

Anda juga bisa menggunakan brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang anda jalani supaya aman dan terhindar dari pencurian yang sedang marak saat ini.

× Whatsapp Kami!