0822-2330-3737

Berikut ini cara membuat gulali gula merah super lezat bisa Anda coba sendiri dirumah. Gulali gula merah ini merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang cukup populer pada masanya. Ketika dulu belum banyak permen atau lolipop kemasan seperti era modern ini, anak-anak lebih suka membeli gulali yang dijajakan oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri memiliki berbagai macam jenis. Pertama, gulali yang terbuat dari gula merah atau gula jawa. Biasanya gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan ditusuk menggunakan potongan kayu. Gulali gula merah ini juga dicampur dengan potongan kacang.

Jenis selanjutnya ialah gulali yang terbuat dari campuran tepung. Biasanya para pedagang menarik adonan gulali hingga sedemikian rupa sampai terbentuk seperti mie atau benang sutra. Kebanyakan orang menyebutnya dengan rambut nenek karena bentuknya acak-acakan.

Gulali selanjutnya adalah gulali yang terbuat dari gula pasir. Makanan tersebut lebih berwarna karena para pedagang biasanya  menambahkan dengan warna makanan untuk membuatnya tertarik. Gulali ini juga bisa dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak semakin menyukainya.

Jenis gulali yang terakhir ini terbuat menggunakan mesin khusus yang berputar-putar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat itu dikumpulkan, maka akan terlihat seperti kapas. Di indonesia menyebutnya dengan arum manis.

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam gulali diatas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah dan cara yang mudah.

Apa Itu Gulali Gula Merah?

Gulali gula merah adalah gulali yang terbuat dari gula merah atau gula aren. Makanan ini biasanya dicampur dengan potongan kacang tanah dan ditusuk dengan potongan kayu. Gulali gula merah ini cenderung berwarna coklat kehitaman.

Konon, gulali ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang sering kita temui saat ini.

Cara membuat gulali gula merah ini juga mudah, hanya berbahan dasar/baku gula merah atau gula jawa. Bahan-bahan tersebut juga mudah dicari ditoko-toko sekitar. Hanya saja Anda harus jeli dalam proses pembuatannya.

Dulu para pedagang berjualan menggunakan pikulan yang isinya wajan kecil untuk tempat gulali.

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Gula Jawa

Langkah Dan CaraMembuat Gulali Gula Jawa

Resep pertama yang akan di bahas yaitu membuat gulali dari gula jawa atau gula merah. Cara membuat gulali gula jawa juga sangat mudah tidak memerlukan keterampilan khusus. Tetapi butuh ketelatenan

Bahan-bahan :

  • 500 gram gula mera yang sudah dihaluskan.
  • 125 ml air atau secukupnya.
  • Kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar atau dipotongan kecil.
  • Tusuk sate.

Cara Membuat Gulali Gula Merah :

  1.  Masukan gula merah dan air ke dalam wajan atau pemanggang roti kemudian aduk-aduk sampai tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian letakan wajan tersebut di atasnya.
  2. Aduk terus menerus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu di aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan Anda angkat wajan tersebut dan diamkan hingga adonan terlihat mulai mengental.
  3. Jika adonan sudah mengental, silahkan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya.
  4. Selamat menikmati gulali gula merah tradisonal ini. Jika Anda ingin menyimpan dalam jangka yang lama, Anda dapat membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik kemudian masukan ke dalam toples.

Selain cara membuat gulali gula merah, Anda bisa cara membuat gulali gula pasir. Berikut ini cara dan resep cara membuat gulali gula pasir.

 

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Cara membuat gulali dari gula pasir ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat gulali dari gula merah. Hanya saja gulali ini biasanya diberi warna yang beraneka ragam tidak diberi potongan kacang tanah.

Bahan :

  • 500 gram gula pasir
  • 125 ml air atau secukupnya
  • Pewarna makanan
  • Tusuk sate

Langkah Membuat Gulali Gula Pasir :

  1. Anda masukan gula pasir, pewarna makanan, dan air ke wajan kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, panaskan wajan tersebut di atas api sedang dengan terus mengaduk-aduknya.
  2. Aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat wajan kemuadian diamkan hingga adonannya mengental. Jika sudah mengental, ambil dengan tusuk sate lalu bentuk menjadi aneka macam binatang dan bentuk lainnya.
  3. Selain dibentuk manual dengan tangan, gulali ini juga bisa ditiup menjadi berbagai bentuk yang lebih besar. Tetapi Anda memerlukan sebuah cetakan khusus untuk membuat bentuk dari tiupan tersebut.

 

Cara Memilih Gula Merah Yang Berkualitas Baik

Cara Memilih Gula Merah Yang Berkualitas Baik

1. Perhatikan Warna Gula Merah

Dalam cara membuat gulali gula merah Anda perlu mengetahui cara memilih gula. Gula merah yang asli dan berkualitas baik mempunyai warna yang terang, tegas, dan merata dengan sempurna.

Hindari membeli gula merah dengan warna yang gelap, tidak merata, dan terlihat bercak-bercaknya. Karena kemungkinan gula tersebut tidak benar murni dan sudah dioplos dengan bahan lainnya.

2. Perhatikan Tekstur Gula Merah

Cara yang kedua, Anda bisa memastikan kualitas gula merah dari teksturnya. Pastikan Anda memilih gula merah yang padat, rata, utuh, dan tetap stabil saat ditekan, tanpa cekungan, serta tanpa retakan.

Gula merah palsu yang sudah diberi campuran bahan lain biasanya akan cepat meleleh saat terkena sinar matahari atau saat disimpan di tempat yang lembap, termasuk plastik pembungkusnya sendiri.

3. Perhatikan Tempat Penyimpanan Gula Merah

Menyimpan gula merah memang tidak sulit, Anda hanya perlu memindahkannya ke dalam wadah bersih dan kering, lalu tutup dengan rapat. Tapi yang perlu diperhatikan, hindari menyimpan wadah gula merah di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, karena akan membuat gula merah Anda cepat meleleh. Jauhkan juga gula merah dari makanan cair atau makanan dengan bau yang menyengat.

Selain cara membuat gulali gula merah dengan memilih gula merah yang berkualitas baik, Anda juga bisa mengetahui ungkap rahasia cara membuat gula jawa yang mudah dan sederhana.

Cara membuat gulali gula merah ini juga tidak asal membuat tetapi harus memilih bahan yang berkualitas baik seperti cara memilih gula merah di atas, sehingga tidak menyusahkan konsumen.

Cara Memilih Kacang Tanah Yang Bermutu Baik

Cara Memilih Kacang Tanah Yang Bermutu Baik

  1. Jika membeli kacang yang masih dengan kulitnya, Anda memilih yang terasa berat dan tidak terlalu berguncang saat digerak-gerakkan. Hindari kulit rusak seperti retak atau berlubang.
  2. Karena kandungan minyaknya yang tinggi, kacang cepat menjadi tengik jika disimpan terlalu lama atau dalam kondisi yang terlalu panas. Jangan beli dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, cara membuat gulali gula merah ini Anda membeli kacang secukupnya.
  3. Coba beli kacang utuh, bukan yang sudah dicincang atau digiling. Karena potongan yang lebih kecil lebih cepat menjadi tengik.
  4. Kacang yang sudah dikuliti bisa disimpan di tempat dingin dan kering selama beberapa bulan. Semua kacang bisa dibekukan dan bisa disimpan didalam freezer selama sekitar 6 bulanan.
  5. Memanggang kacang menguatkan cita rasanya, tetapi cenderung mudah gosong. Jika  Anda membeli kacang yang masih dengan kulitnya. Jaga atau tunggu ketika di panggang. 
  6. Bila membeli kacang yang sudah dikuliti, Anda harus memilih kacang yang tidak keriput, tidak belah, tidak bau tengik, tidak kotor dan tidak tercampur benda asing.

× Whatsapp Kami!