(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Peluang usaha makanan ringan – Makanan ringan memang bukan makanan pokok namun sering dicari konsumen untuk sekedar camilan di waktu santai atau sebagai buah tangan. Sehingga cocok dijadikan sebagai peluang usaha bagi Anda yang mau membuka bisnis makanan.

Misalkan, Anda bisa mencoba membuka peluang usaha makanan ringan.  Meski berharga minim tapi untungnya lumayan.

Peluang Usaha Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha sukses makanan ringan merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap.

Ditambah makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, diantaranya:

10 Jenis Peluang Usaha Makanan Ringan:

1. Kerupuk Seblak

10 jenis peluang makanan ringan

jangan lupa follow akun kita https://path.com/

peluang usaha makanan ringan – Jika biasanya seblak terbuat dari kerupuk yang sudah direndam air kemudian diberi bumbu pedas. Lain halnya dengan kerupuk seblak ini. Rasanya tetap sama dengan pedas level tinggi hanya saja ini tidak direndam air melainkan langsung digoreng bersama dengan bumbu halus hingga mereka.

Jika Anda ingin berinovasi bisa kerupuk seblak divariasikan dengan rasa lain seperti keju, barbeque, balado  dan manis. Asal Anda pintar dalam menggorengnya jangan sampai gosong karena akan terasa pahit.

Resep Membuat Seblak :

Bahan-Bahan:

  • – Kerupuk bawang 1 ons
  • – Bawang putih 1 siung
  • – Bawang merah 2 buah
  • – Kencur secukupnya
  • – Penyedap rasa
  • – Cabe yang bisa disesuaikan dengan selera
  • – Minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Seblak :

  1. Cara pertama adalah dengan menghaluskan bumbu seperti halnya bawang merah dan juga bawang putih, kencur dengan cara ditumbuk atau bisa pula cara modern dengan cara dihaluskan menggunakan blender
  2. Selanjutnya, anda bisa memanaskan minyak 2/3 sendok pada wajan untuk keperluan menumis bumbu nantinya.
  3. Jika minyak sudah panas, maka anda bisa memasukkan bumbu- bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya ke dalam wajan.
  4. Masukkan kerupuk bawang dan aduk secara merata agar bumbu dan kerupuknya bisa lebih menyatu
  1. Selanjutnya anda bisa menambahkan penyedap rasa lalu aduk secara merata
  2. Jika sudah matang, maka anda bisa mengangkat dan mulai menghidangkannya

2. Basreng

10 jenis peluang makanan ringan

Bakso goreng atau lebih dikenal basreng merupakan salah satu camilan yang terbuat dari bakso yang digoreng. Namun jangan salah, camilan yang satu ini tak perlu ribet mengkonsumsinya. Karena tak perlu menggunakan kuah dan sambal. Camilan ini memang dimakan dengan kondisi kering dan sudah tercampur dengan bumbu pedas.

Camilan yang satu ini biasa ditemui di warung makanan serba 2000. Tentunya ukurannya disesuaikan dengan harganya dengan plastik perempatan. Cara membuat basreng sebenarnya tak sulit hanya bakso daging ikang yang diiris tipis, ditambahkan dengan bumbu-bumbu dari campuran gula, bawang putih dan minyak goreng.

Resep Basreng Bakso Sapi

Bahan-Bahan:

  • Bakso Sapi telah dibuat atau gunakan bakso siap pakai atau bakso mentah atau basreng basah
  • Cabai bubuk pedas hot
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Basreng Bakso Sapi :

  1. Pilih pentol bakso sapi dengan kualitas baik, Anda bisa beli di pasar
  2. Bakso diiris sesuai dengan bentuknya bulat
  3. Dijemur dan biarkan dalam suhu ruangan selama 2 hari
  4. Goreng dengan minyak goreng berkualitas sampai basreng merekah dan renyah
  5. Setelah basreng diangkat dan masih dalam kondisi panah taburi dengan bumbu yang telah disiapkan agar menempel. (bumbu bisa dari campuran penyedap rasa dan bubuk cabe).
  6. Diamkan kurang lebih 1-2 jam di suhu ruangan jangan langsung di kemas agar tidak cepat melempem.
  7. Sajikan untuk 350 gram. Selamat ngemil.

3. Keripik Singkong

10 jenis peluang makanan ringan

Keripik singkong bisa dibilang camilan yang melegenda di tanah air. Hingga ada lagunya juga. Meski melegenda makanan ini tetap merakyat hingga sekarang, Makanya pas jika masuk ke dalam peluang usaha makanan ringan serba 2000. Biasanya keripik singkong dijual dengan rasa asin saja. Namun jika Anda ingin berkreasi Anda bisa membuat keripik singkong pedas dengan sambal balado, keripik singkong keju, keripik singkong coklat dan lain-lain.

Cara Membuat Kripik Singkong Renyah Gurih:

Bahan:

  • Singkong 1 Kg
  • Kapur Sirih 1 sdm
  • Air 300 ml

Bumbu-Bumbu:

  • Garam 5 sdm
  • Gula Pasir 2 sdm
  • Bawang Putih 5 siung
  • Bawang Merah 8 siung
  • Minyak Sayur

Cara Membuat:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah: kupas singkong kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu potong singkong dengan alat pemotong.
  • Siapkan air putih yang sebelumnya sudah dicampur kapur sirih. Masukkan bumbu (Garam, Bawang, dll ) yang sudah dihaluskan ke campuran air dan kapur sirih tadi, setelah itu aduk rata, kemudian rendam selama kurang lebih 1 jam.
  • Setelah itu, goreng singkong tersebut dengan api sedang.
  • Nah, agar keripik terasa renyah, singkong yang tadi sudah direndam, dikeringkan dulu, dan ketika dikeringkan tak boleh kena sinar matahari secara langsung. Saat singkong sudah benar-benar kering, siapkan dua penggorengan yang sudah berisi minyak sayur. Penggorengan pertama berisi minyak dengan menggunakan api sedang agar singkong jadi setengah matang. Sementara penggorengan yang kedua gunakan minyak dengan api besar. Nah, penggorengan kedua inilah yang digunakan untuk menggoreng singkong sampai matang.
  • Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan di atas Koran atau kertas bekas, agar minyaknya hilang.
  • Maka, kripik singkong renyah pun siap Anda santap.

4. Siomai Kering

 

Ternyata bukan hanya seblak dan bakso saja yang bisa menjadi makanan ringan. Siomai pun bisa dikeringkan dan dijadikan sebagai camilan. Anda bisa menjualnya ke dalam makanan ringan serba 2000an. Sepertinya murah meriah dan enak.

5. Gurilem

10 jenis peluang makanan ringan

Seperti snack pada umumnya gurilem berasa pedas. Hanya saja kerupuk yang satu ini berbentuk batang dan berwarna lebih putih dibandingkan dengan cemilan lain. Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung tapioka dengan garam dengan perbandingan 2,5 berbanding 1. Garam yang digunakan bukanlah garam halus melainkan garam kristal sehingga rasa gurihnya lebih meresap.

Setelah adonan tercampur maka dimasukkan air sedikit demi sedikit dan dicetak dengan alat (press). Ketika dicetak maka akan keluar dengan bentuk memanjang seperti mie kemudian dipotong kecil-kecil menyerupai batang. Kemudian gurilem dijemur hingga kering dan digoreng dengan menggunakan pasir. Setelah matang baru diberi bumbu.

6.  Kembang Goyang10 jenis peluang makanan ringan

Kue tradisional satu ini pasti banyak yang mengetahuinya. Karena kue satu ini salah satu kue khas lebaran. Namun bukan berarti kembang goyang tak diminati di luar lebaran. Karena kembang goyang menjadi salah kue yang dijadikan sebagai penyambut tamu oleh beberapa daerah tertentu misalnya Betawi.

Hanya saja kembang goyang sekarang sulit ditemukan. Namun bukan berarti tak berpeluang untuk dibisniskan pada usaha makanan ringan. Justru dengan sedikit kompetisi Anda bisa untung besar. Cara membuatnya juga terbilang mudah dengan mencampurkan secara merata adonan seperti tepung beras, gula pasir halus, garam. Telur ayam, santan, minyak goreng dan wijen. Setelah itu dicetak dan digoreng dalam minyak panas.

7. Sosis Kue Gulung

10 jenis peluang makanan ringan

Panganan daging memang selalu menggoda, apalagi jika disajikan dengan cara yang tidak biasaIde unik penyajian sosis pada foto ini dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan. Karena selain sifat makanannya yang berupa cemilan, maka harga yang ditawarkan tidak begitu mahal sehingga mengundang pembeli.

Pembuatannya pun tampaknya tidak terlalu rumit, hanya diperlukan adonan kue yang dipotong panjang, lalu sosis yang sudah digoreng lalu dililit oleh adonan tersebut, terakhir direkatkan dengan putih telur agar saat digoreng tidak lepas. Tampaknya ide makanan unik untuk usaha yang satu ini patut dicoba. Selamat mencoba ya.

8. Stick keju

10 jenis peluang makanan ringan

Stick keju ini bukan sekedar camilan namun juga tergolong makanan ringan yang menyehatkan. Karena mengandung vitamin A, B1,B6, B12, C, D, E, K, zat besi, kalium, natrium, seng dan kalsium. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan cara mencampurkan secara merata adonan yang terdiri dari keju parut,  garam, sagu, mentega dan telur.

Kemudian dibentuk menjadi stik dan digoreng dalam minyak panas. Meski bahan-bahannya mahal bukan berarti Anda tak bisa menjualnya dengan harga 2000an. Anda masih bisa menjualnya dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan snack-snack lainnya.

 9. Stick talas

10 jenis peluang makanan ringan

Talas yang rasanya hambar ternyata sangat enak jika diolah menjadi stick talas. Cara mudah dengan memotong-memotong talas hingga berbentuk korek api. Kemudian talas direndam dengan garam kemudian digoreng. Meski terlihat mudah namun membersihkan talas harus bersih total karena jika maka talas akan gatal di tenggorokan.

10. Pisang Sale

10 jenis peluang makanan ringan

Rimpi atau pisang sale memang sangat tenar untuk buah tangan. Namun siapa sangka oleh-oleh ini pun bisa dijadikan sebagai peluang usaha makanan ringan dengan harga 2000an. Makanan yang terbuat dari irisan tipis pisang matang yang dikeringkan kemudian dilumuri dengan margarin, terigu dan gula ini memang enak disajikan dijadikan camilan ringan.

Jangan Takut Mencoba

peluang usaha makanan ringan –  Apapun bisnis yang Anda pilih akan selalu ada tantangan saat  memulainya, jadi jangan pernah takut mencoba. Karena tidak sedikit pelaku usaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses, meskipun awalnya tidak memiliki keterampilan khusus dan latar belakang di bidang kuliner.

Namun mereka nekat terjun ke dalam bisnis ini karena mengetahui peluang usaha di bidang kuliner cukup menggiurkan. Jadi jangan pernah takut mencoba ya teman cermat, karena akan selalu ada yang pertama untuk setiap hal baru.