0822-2330-3737

Ini dia manfaat gula aren yang harus Anda ketahui terutama bagi kesehatan. Sebagai masyarakat Indonesia, pasti sudah mengenal dengan nama gula aren. Gula aren adalah  salah satu jenis gula alami dan murni yang diproduksi dan dibuat dengan menggunakan bahan alami yang berasal dari buah aren.

Berbeda dengan gula putih biasa yang dibuat dari batang tebu, gula aren ini memiliki warna merah dan mempunyai tekstur yang lebih kasar serta tidak berbentuk kristal seperti gula tebu atau gula pasir. Oleh karena itu, gula aren lebih sering di kenal dengan nama gula merah.

Produksi gula aren sendiri  sudah tersebar di seluruh nusantara, mulai dari ujung Sumatra sampai  ke ujung timur Indonesia. Hampir semua di setiap daerah memiliki sentra kerajinan pembuatan gula aren. 

Gula aren ini merupakan salah satu konsumsi utama dari masyarakat Indonesia dan menjadi bahan dasar dalam pembuatan jenis makanan dan minuman di Indonesia. Tidak hanya untuk pembuatan kue, namun manfaat gula aren banyak digunakan. Terutama bagi kalangan masyarakat Indonesia.

Manfaat Gula Aren dan Apa Itu Gula Aren?

Apa Itu Gula Aren

Gula aren adalah gula yang diproduksi secara alami dengan menggunakan bahan alami yaitu buah aren. Gula aren ini biasanya disebut gula merah. Manfaat gula aren ini juga banyak.

Gula aren juga diasosikan dengan jenis gula yang terbuat dari cairan nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon kelapa, seperti palma,sawit, dan aren ini.

Untuk mencegah nira yang mengalami peragian dan mengalami fermentasi tidak bisa dibuat gula, maka dalam bumbung bambu tersebut ditambahkan dengan laru atau kawao sebagai pengawet alami.

Warna dari gula aren ini juga bewarna coklat pekat, sehingga banyak orang yang menggunakan gula aren sebagai bahan tambahan dalam makanan dan minuman. 

Manfaat gula aren juga banyak, mulai dari tambahan makanan,kue,minuman dan lain sebagainya. Disini Anda juga bisa membuat gula aren, berikut ini cara dan langkah membuat gula aren. Anda juga bisa mengetahui ungkap rahasia cara membuat gula jawa yang sederhana dan bisa Anda tiru.

Manfaat Gula Aren dan Langkah Dan Cara Membuat Gula Aren

Langkah Dan Cara Membuat Gula Aren

Bahan-Bahan Yang Digunakan :

Begitu nira keluar dari tandan bunga, nira langsung mengalami fermentasi. Untuk menjaga nira tetap segar, maka perlu menambahkan zat pengawet ke dalam tabung penampung. Zat pengawet alami ini yang biasanya digunakan adalah lara atau kawao.

Jadi bahan yang digunakan yaitu :

  1. Nira aren
  2. Pengawet alami seperti lara atau kawao

Alat-Alat : 

Cara membuat gula aren juga menggunakan peralatan yang sederhana yaitu :

  1. Wajan atau kuali, yang digunakan unuk memanaskan nira aren sehinga sebagai besar kandungan air menguap.
  2. Pengaduk yang terbuat dari kayu atau bambu, yang digunakan untuk mengaduk-aduk nira aren agar tidak hangus dan rata panasnya selama proses pembuatannya.
  3. Saringan. Alat yang terbuat dari kain saring halus (kasa). Berfungsi untuk menyaring nira aren agar terbebas dari kotoran.
  4. Cetakan. Berupa tempurung kelapa atau bambu yang digunakan untuk mencetak gula aren.

Cara Membuat :

  1. Penyaringan. Nira harus disaring dengan kain saringan atau menggunakan saringan halus yang terbuat dari anyaman kawat tahan karat. Agar hasil penyaringan disebut nira bersih.
  2. Pemasakana. Nira yang sudah disaring kemudian dididihkan di dalam wajan dengan  volume api sedang sambil diaduk-aduk. Jika apinya terlalu besar nira akan cepat hangus dan gula bisa terasa pahit. Busa dan kotoran yang mengapung selama proses pendidihan dan dibuang.
  3. Nira  harus terus dipanaskan sampai  volumenya tinggal 8% dari  volume semula. Cairan seperti ini sudah dapat disebut sebagai gula cair atau sirup kental. Karena ingin didinginkan, jadi sebaiknya jangan dimasukkan kedalam termos air panas.
  4.  Angkat kuali ke tempat dingin, diamkan gula kental selama 5 menit baru kemudian dicetak dengan cetakan.

Manfaat Gula Aren

Manfaat Gula Aren

1. Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Masakan.

Sejak dulu kala gula aren sudah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan makanan dan minuman khas Indonesia. Rasanya yang manis dan legit serta nikmatnya membuat gula aren menjadikan salah satu pilihan utama dalam proses pembuatan makanan dan minuman yang ada dan menjadi ciri khas Indonesia. Berikut ini berbagai jenis makanan dan minuman khas Indonesia yang memanfaatkan gula aren :

  • Wedang
  • Es kelapa muda
  • Kue-kue, seperti klepon dan putu
  • Masakan nusantara, seperti gudeg

2. Penambahan Tenaga

Sebagian besar dari Anda yang mengetahui manfaat gula aren bagi kesehatan sebagai salah satu sumber tenaga. Gula aren mempunyai kandungan kalori yang memang tidak tinggi. Namun, karena kandungan kalori yang tidak tinggi inilah yang menjadi kelebihan dari gula aren tersebut. Meskipun memiliki kalori yang tidak tinggi, tetapi gula aren mampu memberikan tenaga dan energi yang cukup. Biasanya, manfaat gula aren digunakan untuk para pendaki gunung membawa bekal gula aren untuk menambah energi dan tenaga mereka ketika lelah dalam melakukan pendakian.

3. Mencegah Anemia

Manfaat gula aren ini juga bisa mencegah anemia, gula aren pun tidak boleh dipandang sebelah mata. Gula aren mepunyai cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaatnya yang pertama adalah gula aren mampu mencegah terjadinya anemia pada tubuh kita. Hal ini diakibatkan oleh kandungan zat besi pada gula aren yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Dengan cukupnya kandungan darah di dalam tubuh, maka di tubuh kita akan terhindar dari gejala – gejala yang disebabkan oleh anemia, seperti :

  • 5L (Lelah, lemah, letih, lesu, lemas)
  • Mudah terserang berbagai penyakit
  • Daya tahan tubh berkurang
  • Tidak bersemangat melakukan aktivitas

4. Manfaat Gula Aren dan Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat lain dari gula aren yang patut Anda ketahui yaitu gula aren mampu untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh anda. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh anda. Maka tubuh Anda mampu  akan terhindar dari beerbagai macam gangguan – gangguan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini berbagai hal yang dapat membahayakan tubuh ketika peredaran darah di dalam tubuh anda terhambat dan tidak lancar :

  • Suplai oksigen ke otak berkurang, akan mengakibatkan menurunnya konsentrasi dan daya pikir
  • Kerja jantung menjadi lebih berat dan mengakibatkan penyakit gagal jantung
  • Suplai darah ke berbagai organ tubuh akan berkurang, sehingga dapat menimbulkan gangguan pada organ – organ tubuh yang membutuhkan suplai darah yang optimal
  • Tubuh akan terasa cepat lelah dan juga sangat lemas

5. Manfaat Gula Aren dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat gula aren asli yaitu mampu meningkatkan daya tahan alias imunitas tubuh. Kandungan yang ada pada gula aren tersebut mampu menjadi pemicu naiknya daya tahan tubuh, sehingga akan sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. dengan terjaga dan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh Anda, maka Anda akan :

  • Sulit terserang penyakit
  • Selalu merasa segar dan fit dalam beraktivitas
  • Tidak mudah merasa lelah
  • Mengoptimalkan fungsi dan kinerja dari organ-organ dalam tubuh

6. Manfaat Gula Aren dan  Menjaga Kadar Kolestrol Tubuh

Manfaat gula aren ini adalah salah satu kandungan penting dari gula aren, yaitu kandungan niacin yang merupakan salah satu kandungan yang mampu menjaga kadar kolesterol tubuh akan tetap terjaga. Hal ini berarti kondisi kadar kolesterol tubuh yang tinggi akan segera normal kembali dengan mengkonsumsi gula aren ini. Kadar koleterol yang terlalu tinggi akan cepat  berakibat buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini beberapa kemungkinan buruk yang akan terjadi jika kadar kolestrol dalam tubuh tidak terjaga dengan baik :

  • Diabetes
  • Jantung coroner
  • Stroke
  • Asam urat
  • Tubuh menjadi lemas lesu dan lemah
  • Mudah mengantuk
  • Kurang konsentrasi
  • Sesak nafas

× Whatsapp Kami!