(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Seblak  – Seblak kering adalah satu dari beberapa varian jajanan seblak yang dapat anda nikmati sebagai cemilan pedas renyah. Bumbu berasa pedas adalah perpaduan yang tak bisa dipisahkan dari seblak baik itu seblak kering ataupun seblak basah. Rasa pedas ini justru yang menjadikan sensasi tersendiri dalam menikmati seblak sehingga jika dibuat tanpa campuran bumbu pedasnya akan berasa ada yang kurang. Baik seblak basah maupun seblak kering, keduanya sama-sama menggunakan bahan dasar kerupuk. Kerupuk yang dipilih bisa berupa kerupuk udang atau juga kerupuk bawang.

Perbedaan dari keduanya hanyalah dari langkah penyajiannya saja. Jika pada seblak basah kerupuk yang akan dimasak direndam dan direbus terlebih dahulu sampai lembek, maka untuk seblak kering kerupuk yang akan dimasak langung digoreng bersama dengan bumbu halus hingga merekah. Kehati-hatian tentunya diperlukan sekali pada saat penggorengan seblak kering ini agar tidak gosong yang justru akan menjadikan seblak ini terasa pahit.

Adapun untuk penyedap yang digunakan pada seblak kering dapat berupa rasa barbeque, keju, manis pedas dan lain sebagainya. Perbedaan lainnya antara seblak kering dengan seblak basah adalah ketahanannya. Seblak basah hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja atau tidak lebih dari satu hari. Sedangkan seblak kering asalkan disimpan dalam wadah kedap udara akan bertahan cukup lama dan kerenyahannya pun akan bertahan cukup lama.

cara membuat seblak

10 Manfaat Dan Khasiat Seblak Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat seblak yang pertama dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menjaga kondisi jantung. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini maka organ jantung anda akan sehat dan terlindungi dari gangguan penyakit.

2. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang ada di dalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

3. Melancarkan pernapasan

Jika anda mempunyai masalah dengan pernapasan maka bisa mengkonsumsi seblak sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan pernapasan sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat lainnya mengkonsumsi seblak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap ideal. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

5. Menurunkan tekanan darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

6. Menyembuhkan infeksi

Infeksi bisa disebabkan salah satunya karena faktor terjangkitnya bakteri atau virus. Untuk menyembuhkannya dapat dilakukan dengan cara banyak mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang terdapat pada makanan ini dipercaya mampu menyembuhkan infeksi lebih cepat.

7. Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya ditandai dengan sakit kepala, amandel yang membengkak, nyeri otot dan juga batuk. Untuk meredakannya dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada pada seblak sangat efektif meredakan sakit tenggorokan.

8. Mengobati diare

Pada umumnya, diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi seblak. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menyembuhkan diare lebih cepat.

9. Melancarkan haid

Jika anda sering mengalami proses haid atau menstruasi yang tidak lancar sebaiknya anda mulai rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan siklus haid atau mestruasi sehingga akan kembali normal seperti sebelumnya.

10. Mengurangi stres

Stres disebabkan karena banyaknya pikiran disertai dengan rasa cemas yang terus mengganggu. Untuk mengurangi stres sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan rasa dan aroma yang ada pada seblak mampu mengurangi tingkat stres pada diri anda sehingga suasana hati anda akan lebih terkendali.

Cara Membuat Seblak Kering Dan Seblak Basah

cara membuat seblak

Follow akun kita https://path.com/

Cara membuat seblak kering – merupakan varian yang berbentuk seperti keripik pedas. Banyak orang yang lebih menyukai seblak kering karena teksturnya yang renyah dan bisa dinikmati kapan saja. Sensasi pedas dan gurihnya juga membuat orang ketagihan untuk terus menyantapnya lagi dan lagi. Seblak kering ini sekarang dapat dijumpai di berbagai toko, mini market serta warung pinggir jalan. Meskipun bisa dibeli di mana saja, alangkah baiknya jika seblak kering ini dibuat sendiri.

Selain lebih higienis, rasanya pun sudah pasti enak. Tetapi bagaimana cara membuat seblak kering? Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa seblak kering ini bisa dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu seblak kering kerupuk bawang dan seblak kering makaroni. Cara membuat seblak kering tersebut pun berbeda, baik dari segi bahan maupun prosesnya.

Berikut adalah ulasan cara membuat seblak kering kerupuk bawang dan makaroni. Seperti namanya, seblak kering kerupuk bawang terbuat dari kerupuk bawang yang teksturnya renyah. Varian ini paling cocok dinikmati saat bepergian karena praktis untuk dibawa ke mana saja. Cara membuat seblak kering kerupuk bawang pun sangat mudah

Cara Membuat Seblak  Basah

cara membuat seblak

Cara membuat seblak basah ini sangat gampang sekali serta praktis buat kita lakukan dirumah. dengan rasanya yang sangat pedas dapat menggoyangkan lidah anda serta akan membuat anda ketagihan terus ingin segera menyantapnya. Warga jawa barat umumnya orang bandung sekarang telah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama seblak ini. seblak basah dan seblak kering tersebut adalah salah satu cemilan khas tradisioanal yang ada di bandung dengan memiliki rasa yang sangat pedas dan enak.

Untuk membuat seblak basah yang paling utama menggunakan kurupuk yang berwarna kuning, kemudian direbus. biasanya orang yang sangat suka seblak ataupun penggemar seblak adalah kaum perempuan serta teramaja. rasa yang sangat pedas ini membuat siapa saja yang mencicipinya pasti bakal ketagihan terus. berikut ini adalah cara memasak seblak basah dan seblak kering yang enak dan menggugah selera.

Resep Cara Membuat Seblak Kering

Bahan :

  • 1 ons Kerupuk bawang
  • 1 siung Bawang putih
  • Cabai/Cabe, sesukanya
  • Kencur, secukupnya
  • Penyedap rasa, sesuai selera
  • Minyak Goreng untuk menggoreng

Baca Juga  : Cara Membuat Arum Manis

Cara Memasak Seblak Kering :

  1. Haluskan terlebih dahulu kencur, bawang puutih, dan cabai pedas.
  2. Setelah dihaluskan silahkan tumis dengan menggunakan minyak goreng. Tunggu beberapa menit atau tunggu hingga aroma harum tercium.
  3. Masukkan kerupuk dan tunggu hingga kerupuk tersebut mengembang. Aduk-aduk agar tidak gosong.
  4. Tambahkan bumbu penyedap rasa dan jangan lupa aduk kembali.
  5. Setelah kerupuk mengembang dan telah ditambahkan bumbu penyedap rasa, silahkan angkat dan simpan ditempat kedap udara seperti kemasan plastik atau stoples.
  6. Sajikan.

Bahan-Bahan Membuat Seblak Basah:

  • Kerupuk kuning sebanyak 125 gram
  • Siapkan air panas seperlunya
  • Air bersih sebanyak 50 ml
  • Telur sebanyak 1 butir, lalu dikocok
  • Sosis sebanyak 1/2 batang, lalu dipotong-potong, menurut selera anda
  • Kaldu ayam bubuk sebanyak 1/2 sdt
  • Daun bawang sebanyak 1/2 batang , lalu diiris sampai halus
  • Minyak seperlunya

Bumbu Dihaluskan:

  • Asam jawa sebanyak 1/2 sdm
  • Cabe rawit sebanyak 8 buah
  • Tomat merah sebanyak 1/2 buah
  • Bawang merah sebanyak dua buah
  • 1 buah Bawang putih
  • Kencur sebanyak 1/4 ruas
  • Gula putih sebanyak 1/4 sdt
  • Garam sebanyak 1/8 sdt

Cara Membuat Seblak Basah Yang Enak: 

  1. Air direbus hingga mendidih, lalu tambahkan kerupuk hingga mendidih lagi. sesudah itu, saring serta masukan pada air yang dingin.
  2. Semua bumbu dihaluskan kecuali asam jawa, lalu tumus bumbu yang sudah dihaluskan serta tambahkan kencur hingga harum
  3. Sesudah bau harum,lalu tambahkan asam jawa kalau anda suka, kemudian tambahkan bakso serta sosis yang telah dipotong.  sambil diaduk hingga merata. lalu masukan kerupuk yang telah mengenyal. aduk-aduk lagi sampai merata.
  4. Terakhir hidangkan selagi hangat.