(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Manisan Kedondong

Cara Membuat Manisan Kedondong

Cara membuat manisan kedondong

ada satu buah yang memiliki bentuk bulat dengan sesuatu yang unik lho. Bentuk buahnya itu bulat lonjong dengan warna yang hijau, mirip seperti telur gitu bentuknya. Kalau dilihat bentuknya memang biasa saja, tapi begitu kita kupas dan menemukan bijinya, ada didapati deh hal uniknya.

Nama buahnya adalah kedondong, atau ada juga yang menyebutnya dengan dondong. Buah ini memiliki daging yang tebal dan teksturnya renyah. Rasanya yang sedikit asam membuatnya segar ketika kita memakannya.

Apa itu Kedondong ?

Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarella, hog plum, hevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailan””d).

Setelah asik mengulik apa itu kedondong kita akan membahas Cara Membuat Manisan Kedondong

Sumber wikipedia”

8 Manfaat Buah Kedondong

 

1. Obat anemia

Khasiat kedondong selanjutnya yaitu berkaitan dengan kandungan zat besi yang ada pada buah ini. Zat besi berfungsi sebagai senyawa untuk obat anemia karena penambahan sel darah merah dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi.

2. Mencegah penyakit jantung

Kegunaan buah kedondong yang juga penting adalah sebagai makanan pencegah penyakit jantung. Kandungan gizi yang lengkap akan membantu jantung Anda bekerja dengan optimal dan menjadikannya lebih sehat.

3. Menyehatkan mata

Buah kedondong punya kandungan vitamin A yang bagus untuk membuat mata Anda jauh lebih sehat. Buah ini cocok untuk mereka yang menderita mata minus sejak kecil sehingga bisa mengurangi penurunan ketajaman mata.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat kedondong yang selanjutnya yaitu manfaat buah ini untuk dijadikan sumber makanan penguat daya tahan tubuh. Hal ini diperkuat dengan kandungan vitamin C. Daya tahan tubuh Anda akan semakin meningkat jika Anda memakan buah ini dengan teratur.

5. Anti oksidan

Vitamin C juga mampu menjadi vitamin penangkal radikal bebas. Itulah kenapa jika buah kedondong adalah salah satu buah dengan fungsi anti oksidan terbaik untuk mencegah radikal bebas mengganggu kesehatan tubuh Anda.

6. Penyembuh luka

Selain untuk mata, kandungan vitamin A dalam buah kedondong bermanfaat untuk membantu dalam proses penyembuhan luka dari dalam. Jika Anda sudah memberikan obat luar untuk luka di kulit Anda, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi kedondong.

7. Mencegah penuaan dini

Vitamin C dalam tubuh akan bekerja melindungi sel dan molekul tubuh, sehingga penuaan dini yang terlalu cepat dapat dicegah. Buah kedondong mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga memiliki fungsi sebagai makanan yang bisa mencegah penuaan dini.

8. Mengontrol kadar kolesterol

Buah kedondong dengan vitamin C nya juga mampu mengontrik kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini karena vitamin C bisa membantu tubuh untuk meningkatkan kerja metabolisme, sehingga kadar kolesterol dapat lebih seimbang.

Resep Membuat Manisan Kedondong

Manisan Kedondong

(Gambar dari google)

  • 1/4 kg kedondong
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh pewarna makanan, nggak pakai juga boleh
  • 1 sendok teh garam

Baca juga  Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek

Cara Membuat Manisan Kedondong

 

  1. Kupas buah kedondong, kemudian potong kecil memanjang, lalu cuci sampai bersih.
  2. Campurkan air dengan kapur sirih, lalu rendam kedondong selama 1 jam. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Cuci kembali kedondong sampai benar-benar bersih dan tiriskan lagi.
  4. Rebus air, masukkan gula, garam, dan juga pewarna makanan, aduk sampai gula menjadi larut.
  5. Masukkan kedondong, tunggu sampai mendidih, lalu angkat dan dinginkan.
  6. Simpan manisan kedondong di dalam kulkas.
  7. Manisan kedondong siap untuk disajikan.

Kurang SIMPEL caranya ? Tenang saya juga menyiapkan cara yang mudah dan SIMPLE!

Bahan Membuat Manisan Kedondong Sederhana

  • 1 kg kedondong
  • 300 gram gula pasir
  • 2 liter air
  • 2 sendok makan air kapur sirih

Cara Membuat Manisan Kedondong Sederhana

  1. Kupas buah kedondong dan cuci sampai bersih, lalu rendam dalam 1 liter air yang sudah ditambahkan air kapur sirih. Diamkan selama kurang lebih 2 jam.
  2. Rebus air sebanyak 1 liter lalu tambahkan gula pasir, aduk rata sampai gula larut.
  3. Masukkan kedondong dan masak sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih, angkat dan tunggu sampai dingin, baru setelah itu masukkan dalam kulkas.
  5. Manisan kedondong sederhana siap disajikan.

“Jangan lupa ikuti akun Tumblr kita di ( https://www.tumblr.com/dashboard)”

Kandungan Buah Kedondong

Sebelum menguraikan manfaat serta bahayanya kedondong untuk ibu hamil, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan apa yang dimiliki oleh buah kedondong? Berikut merupakan informasi gizi yang ada pada 100 gram buah kedondong :

  • 41 kkal energi
  • 1 gr protein
  • 0,1 gr lemak
  • 10,3 gr karbohidrat
  • 15 mg kalsium
  • 22 mg fodfor
  • 3 mg zat besi
  • 333 IU Vitamin A
  • 0,08 mg vitamin B1
  • 30 mg vitamin C

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Buah Kedondong

Kedondong adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi, termasuk oleh ibu hamil. Namun kita semua tahu bahwa apapun yang dikonsumsi secara berlebihan itu akan mengubah sesuatu yang baik menjadi tidak baik, termasuk juga buah kedondong ini.

Buah kedondong yang terlalu muda mempunyai rasa yang lebih masam daripada kedondong yang tua. Buah kedondong yang berumur muda ini apabila dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan oleh ibu hamil, maka akan menyebabkan perut menjadi panas karena kandungan asamnya ini. Kemudian akan menyebabkan ibu mengalami gangguan pencernaan dan resiko terbesarnya atau kemungkinan terburuknya adalah kandungan ibu akan mengalami keguguran.

Oleh karena demikian resiko yang kemungkinan terjadi karena buah kedondong, maka dari itu bagi ibu hamil sebaiknya konsumsi buah kedondong yang tidak terlalu masam dan dengan jumlah yang cukup saja.