0822-2330-3737

Berikut ini cara membuat gulali gula pasir yang legendaris cukup mudah. Makanan saat kecil yang masih melegenda sampai sekarang yaitu gulali gula pasir ini. Gulal adalah hasil olahan berbahan dasar gula yang selanjutnya diberi bahan pewarna makanan dan bahan pelengkap lainnya.

Bentuk dan warnanya sangat beragam, jadi tidak heran jika makanan ini mampu membuat siapa saja yang melihat tergoda untuk mencicipinya. Gulali gula pasir sering kita jumpai di pasar malam dan tempat – tempat keramaian.

Saat ini gulali dibuat dengan beraneka macam variasi seperti gulali rambut nenek, gulali arum manis, gulali kacang, gulali gula pasir, gulali aneka rasa, dan masih banyak lagi. Bentuknya pun sangat banyak macamnya mulai dari gulali menyerupai kapas dan berbentuk lonjong, bentuk bunga, bintang, dan lain sebagainya.

Warna yang disajikan juga sangat menarik, umumnya gulali menggunakan pewarna makanan dengan perpaduan warna – warna yang terang. Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan gulali gula pasir, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk menciptakan gulali lezat dan menarik ternyata sangatlah mudah. 

Apa Itu Gulali Gula Pasir?

Gulali gula pasir adalah gulali yang terbuat dari bahan gula pasir yang di cairkan kemudian dicampur dengan pewarna makanan. Cara membuat gulali gula pasir ini juga mudah, Anda juga bisa membuatnya di rumah dengan kreasi Anda.

Bahan utama dari gulali gula pasir ini adalah gula pasir murni. Bahan tersebut juga mudah dicari. Biasanya dalam cara membuat gulali gula pasir ini membutuhkan sedikit pewarna makanan untuk menambahkan warna pada gulali. 

Dengan warna-warna yang mencolok anak-anak lebih menyukai dan tertarik akan membelinya. Sehingga gulali gula pasir ini menjadi makanan anak kecil dari zaman dulu sampai sekarang ini.

Para pedagang gulali  gula pasir menjual dengan berkeliling dan menggunakan pikulan, dan wadah yang berisi gulali. Gulali gula pasir ini juga bisa dibentuk menyerupai binatang,bunga, dan bentuk lainya. Pedagang gulali gula pasir ini juga harus kreatif. Bagi Anda yang suka permen ingin membuatnya sendiri , Anda juga bisa membuat berbagai macam cara membuat permen sendiri tanpa ribet.

Jenis-Jenis Gulali

1. Gulali Colek

The text contains 3 consecutive sentences starting with the same word. Try to mix things up!

Gulali tradisional satu ini berbahan dasar gula Jawa. Mempunyai tekstur yang sangat lentur dan kenyal. Selain itu, gulali ini biasanya disajikan basah sehingga penjual harus menariknya ke sebuah wadah atau potongan kayu kecil dan kemudian diberi taburan kacang. Teksturnya yang lentur membuat gulali colek menjadi lebih awet ketika dikonsumsi.

 2. Gulali Gula Jawa

gulali gula jawa

Sebenarnya, gulali gula jawa memiliki bahan dasar sama seperti gulali colek. Cara pembuatanya juga sama denga cara membuat gulali gula pasir hanya beda dalam bahan utamanya.

Tetapi hanya  saja perbedaannya terdapat pada cara penyajiannya. Dimana gulali jenis ini disajikan dalam keadaan sudah keras. Gulali yang sering disebut sebagai permen lollipop tradisional ini konon merupakan cikal  bakal dari kemunculan berbagai macam gulali khas Indonesia yang ada saat ini.

3. Gulali Gula Pasir

Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Berbeda dari kedua jenis gulali tadi, gulali yang satu ini terbuat dari gula pasir yang diberi pewarna makanan atau pasta warna. Pada umumnya dua warna yang digunakan adalah hijau, merah, dan kuning. 

Keunikan gulali jenis ini adalah bentuknya yang bisa dibuat sesuka hati yang disesuaikan dengan kemampuan penjualnya. Ada bentuk bunga mawar, bentuk kuda hingga bentuk ayam jago. Dengan cara membat gulali gula pasir ini juga mudah. Biasanya juga bisa berbunyi seperti siulan. untuk tambahan rasa. bisa dengan air jeruk yang telah diperas menggunakan alat peras jeruk agar rasanya menjadi lebih unik.

4. Gulali Rambut Nenek

Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Bahan utama dari gulali rambut nenek ini yang biasanya berwarna merah muda ini adalah gula pasir dan tepung terigu. Tekstur yang berupa helaian-helaian panjang seperti rambut ini dibuat secara tradisional dengan mencampurkan adonan gula yang sudah mengental dengan tepung terigu. Selanjutnya, adonan ditarik-tarik sampai membentuk serat-serat tipis. 

Proses pembuatannya hampir sama dengan cara membuat mie. Selain arum manis, makanan ini juga dikenal dengan nama arbanat. Dulunya gulali satu ini berwarna putih, tetapi kemudian diberi pewarna makanan dan perasa makanan lainnya untuk menarik pembeli. Biasanya rambut nenek ini disajikan bersama dua keping kerupuk tipis.

5. Gulali Sutra

gulali sutra

Gulali sutra atau dikenal dengan nama gulali tepung adalah salah satu jenis gulali yang mulai susah ditemui. Jenis ini sebenarnya mempunyai tampilan yang serupa dengan rambut nenek.

Bahan dan cara membuatnya juga mirip. Hanya saja gulali sutra tidak melalui proses ditarik-tarik sampai membentuk serat-serat tipis. 

Adonan gulali yang masih basah lalu diambil sejumput, kemudian dimasukkan dalam wadah tepung terigu dan ditarik sedikit  demi sedikit hingga adonan gulali tidak lengket. 

6. Gulali Permen Kapas

Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Kalau jenis ini adalah gulali permen kapas atau lebih sering disebut cotton candy. Gulali ini masih sangat mudah untuk didapatkan. Biasanya makanan ini sering ditemukan pada pasar malam atau tempat hiburan anak-anak. Teksturnya yang sangat lembut yang terbuat dari gula murni dan dibuat menggunakan mesin modern. 

Di mana putaran mesin yang sangat cepat akan menghasilkan serat-serat gula halus. Jika serat tersebut dikumpulkan  akan membentuk seperti kapas.

Gulali permen  kapas atau cotton candy ini memiliki beraneka warna. Gulali ini akan langsung meleleh di mulut dan meninggalkan rasa lengket  pada saat dikonsumsi.

Langkah Dan Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Cara Membuat Gulali Gula Pasir

Bahan-bahan :

  • Gula pasir  murni 800 gram atau 4 cangkir
  • Sirup  40 ml atau 1 cangkir
  • Air bersih 40 ml atau 1 cangkir
  • Garam halus ¼ sendok makan
  • Ekstrak strawberry 1 sendok makan atau 5 ml
  • Pewarna makanan atau pasta warna merah muda

Alat-Alat :

  • Cangkir
  • Panci berukuran besar
  • Gelas ukur
  • Termometer permen
  • Sodet
  • Kertas, dan
  • Stik lolipop atau potongan kayu

Cara Membuat Gulali Gula Pasir

  1. Cara membuat gulali gula pasir ini Anda harus menyiapkan panci berukuran besar, masukkan gula pasir, sirup, garam halus, dan air. Masak atau rebus dengan menggunakan api  bervolume sedang. Aduk-aduk terus sampai semua bahan larut. Rebus hingga mendidih lalu angkat. Sebaiknya gunakan kuas pastry untuk membasuh pada bagian sisi dalam panci untuk menghindari terbentuknya kristal gula.
  2. Panaskan kembali larutan gula dengan suhu 160 derajat celcius, ukur menggunakan termometer permen. Kemudian tuangkan adonan panas ke dalam wadah yang memiliki bentuk tidak terlalu dalam dan tahan panas. Masukkan ekstrak strawberry dan pewarna makanan. Aduk-aduk hingga merata.
  3. Letakkan kertas di atas meja atau bisa juga di lantai
  4. Mulailah untuk memutar gula dengan menggunakan stik lolipop. Kemudian celupkan sodet ke dalam larutan gula dan angkat lalu tahan di atas panci agar gula menetes ( sekitar 2 detik ). Selanjutnya tahan larutan gula di atas kertas sekitar 30 cm. Ayun-ayunkan sodet ke depan dan belakang agar terbentuk untaian gula yang tipis. Ulangi dengan berkali-kali sampai Anda mendapatkan sekumpulan putaran gula.
  5. Selanjutnya mulailah untuk membungkus gulali gula pasir. Bungkuslah menggunakan plastik kemudian ikat menggunakan tali sampai rapat.

Wah, ternyata gulali ini juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha dengan keuntungan yang lumayan besar. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang kamu lakukan.

× Whatsapp Kami!